Hiking Ceria Panitia setelah PLS

Dalam rangka mempererat tali silaturrahim antar panitia dan guru selepas penat mengawal kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru di SMA INS Kayutanam. Maka diadakan kegiatan Hiking ke daerah sekitar air terjun lembah ana. Kegiatan ini diadakan padia hari minggu, tanggal 29 juli 2018, air terjun yang kami ingin tuju bukanlah air terjun lembah anai yang menjadi objek pariwisata terkenal itu, tetapi tempat yang kami tuju adalah air terjun Katumanggungan yang berada di tengah hutan belantara.

Perjalanan dimulai dari berkumpulnya kami para guru dan panitia PLS di depan tempat wisata kemudian kami melintas jalan raya menuju bukit tempat kami akan hiking, bukit tersebut berada di depan tempat wisata mega mendung. Kami mulai menelusuri menuju ketinggian bukit, ketika memasuki jalan setapak yang lembab dan tergolong licin, track yang dilewati sangat menantang kami harus melewati beberapa jalan yang berada di dekat jurang, rasanya sulit untuk melewati karena semalam sepertinya habis hujan di wilayah ini. Perjalanan yang cukup menantang ini kami lewati dengan saling berpegang tangan dan saling bantu, beberapa track jalan yang dilewati berupa akar2 pohon yang lumayan besar kemudian tanah-tanah yang sudah basah.

Selang tiga puluh menit kemudian percikan air sudah mulai terdengar, kemudian bentangan sungai besar juga sudah mengintip dibalik dedaunan yang berembun. Sepertinya kami telah sampai di tempat yang kami tuju. Hwaaa ternyata kami menemukan air terjun yang lumayan tinggi dengan tingkatan yang banyak kemudian dengan tempat … yang lumayan luas, kemudian di tempat ini kami mangabadikan moment seraya berfoto bersama keluarga besar SMA INS Kayutanam.

Setelah beberapa saat kami dituntun untuk menuju air terjun yang sebenarnya dituju. Whatt..? Kami pikir ini adalah air terjun yang kami tuju, ternyata air terjun Katumanggungan itu ada beberapa langkah lagi setelah air terjun sebelumnya… Dan ternyata air terjunnya luar biasa indah dengan kolam indah berwarna biru kehijauan laksana zamrud khatulistiwa dengan latar kiri kanan air terjun yang beralaskan hamparan lumut hijau yang indah..waahhh luar biasa Subhanallah, MasyaAllah… Ini sungguh luar biasa… Para siswa laki-laki tidak sabaran untuk segera terjun kedalam air lakasana cermin tersebut. Sedangkan siswa perempuan dan guru perempuan hanya menikmati keindahan dengan berfoto ria berlatar pesona air terjun.

Setelah selesai menikmati air terjun, kami langsung bergegas menyantap bekal makan siang bersama di sekitaran air terjun. Alhamdulillah setelah makan siang kami langsung bersiap-siap menuju pulang sambil mensyukuri sungguh indah ciptaan Allah yang tersembunyi. Perjalanan pulang kami melewati trek yang lebih dekat, tetapi tetap dengan kondisi jalan setapak yang licin dan basah. Meskilun begitu semangat keceriaan tiada luntur dari bibir, semoga dengan adanya kegiatan ini jiwa kita menjadi lebih kokoh dan fresh lagi untuk menghadapi hari esok yang lebih baik. Amin.

(RR)