0823 8663 0911 Kayutanamins@gmail.com

PROFIL

INS Kayutanam yang merupakan kependekan dari Indonesisch Nederlansche School Kayutanam atau disebut juga Ruang Pendidik INS Kayutanam adalah suatu lembaga pendidikan menengah swasta yang bercorak khusus, yang didirikan di Kayutanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 31 Oktober 1926 oleh Muhammad Sjafe’i, seorang tokoh pendidikan nasional yang pernah dipercaya menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang ketiga setelah Ki Hadjar Dewantara dan Todung Sutan Gunung Mulia dalam Kabinet Sjahrir II.

Pendirian sekolah ini bertujuan untuk mendidik anak bangsa melalui pendidikan yang menggabungkan pendidikan umum dengan kejuruan.

Setelah mengelola INS Kayutanam lebih kurang 43 tahun, engku M. Sjafe’i wafat pada tahun 1969 dalam usia 71 tahun. Selanjutnya pimpinan ruang pendidik INS Kayutanam dilanjutkan oleh Engku Abdul Hamid yang sejak tahun 1935 telah aktif menjadi seorang Pendidik di INS Kayutanam.
Pada tahun 1991 Engku Abdul Hamid wafat dalam usia 82 tahun, dan pengelolaan Ruang Pendidik INS Kayutanam dilakukan secara berkelanjutan oleh A. A Navis, Tarmizi Taher, Azwar Anas dan sekarang Suherman Saleh.