Semarak Muharram Menuju Puncak Kejayaan Islam

Dalam rangka memperingati 1 Muharram 1440 H, koordinator AKM ( Akhlak Mulia) beserta Osis/MPK SMA INS Kayutanam menyemarakkannya dengan kegiatan yang bermanfaat yaitu mengadakan berbagai rangkaian acara diantaranya perlombaan antar kelas dan ditutup dengan ceramah agama, dengan tema “melalui semarak Muharram kita bentuk karakter remaja yang islami menuju puncak kejayaan islam”. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh civitas SMA INS Kayutanam di mesjid M. Nasir. (Selasa, 11 September 2018)

Perlombaan diadakan satu hari sebelum 1 Muharram 1440 H. Adapun bentuk perlombaan yang diadakan adalah Lomba Asmaul Husna, Cerdas Cermat, Tahfidz, Pidato dan Tilawah. Dalam kegiatan perlombaan terlihat siswa/i bersemangat untuk mengikuti berbagai rangkaian acara. Hal ini terlihat dari kehadiran siswa yang masih lengkap meskipun masih ada beberapa siswa/i yang minta izin keluar.

Kegiatan 1 Muharram 1440 H ditutup dengan ceramah agama dan pengumuman pemuncak-pemuncak dari perlombaan yang telah diadakan sebelumnya. Dalam acara , wakil kesiswaan Ilhamsyah memberikan sepatah kata kepada siswa/i SMA INS Kayutanam untuk dapat mengikuti acara penutupan dengan baik dan mendengarkan ceramah dengan seksama, sehingga dapat memetik manfaat dari nasehat yang diberikan Ustadz.

Ustadz Drs. Taswir Tuangku Rumah Tinggi mengawali ceramahnya dengan sebuah kalimat “Hendaknya merasa takut akan lemah akidah, lemah ibadah, lemah pendidikan, dan lemah ekonomi, lalu apa yang akan terjadi?” Beliau juga menambahkan dengan bergantinya tahun berarti secara zhahirnya umur kita  bertambah tetapi secara batin umur kita berkurang. Dilihat dengan karakter remaja zaman kini, begitu banyak yang durhaka dengan orang tuanya, lalai dengan ibadahnya dan terlibat dengan pergaulan yang tidak baik.

Beliau juga menjelaskan bahwa untuk menuju puncak kejayaan islam maka para remaja harus ingat bahwa setiap perbuatan adalah amal ibadah, karena remaja adalah generasi penerus yang membawa islam kepuncak kejayaan. Oleh karena itu, perbanyaklah menuntut ilmu agama, perkuat ibadah karena diakhir zaman punya ilmu dan iman harus kuat. “Insyaallah kita akan berguna dalam masyarakat dan di masa depan”, ujar sang ustadz mengakhiri ceramahnya”